STEP BY STEP BAGAIMANA CARA MEMANDIKAN ANJING Part 1

Cara Memandikan Anjing

Cara Memandikan Anjing

Kedengarannya emang mudah …“Apa susahnya sih memandikan seekor anjing ?!” Tapi coba katakan itu kepada seseorang newbie yang belum pernah memiliki pengalamanan memandikan anjing. Hal yang kedengaran sesederhana ini bisa menjadi mimpi buruk yang tak terlupakan ! Adakah cara untuk membuat pengalaman pertama ini tidak seram dan lebih menyenangkan terutama bagi si pemilik dan juga si anjing ? Sudah tentu bisa ….yaitu persiapkan segala kebutuhannya …rilex dan Jangan Panik !! Berikut ini adalah panduan langkah-langkah/step by step untuk membantu anda dalam penanganan acara mandi pertama dan menjadikannya pengalaman yang tak terlupakan bagi anda dan anak anjing anda.

Step 1
Pertama tama anda harus menentukan lokasi/posisi di mana akan akan melaksanakan acara mandi-mandi anjing anda,di halaman belakang kah…depan kah … pake selang ….dengan ember plastik besar ato juga mungkin dalam bath tub di kamar mandi anda? Semua boleh-boleh saja…terserah… anda tentukan sendiri.

Step 2
Persiapkan semua kebutuhan perlengkapan mandi sebelum anda memulai : Handuk ,Shampoo,Conditioner ,Kapas,Gunting Kuku,Sisir dan perlengkapan lain-lainnya yang kira-kira akan dibutuhkan.
Sebelum proses siram menyiram potonglah kuku anjing anda dahulu.Struktur kuku anjing itu sedikit berbeda daripada manusia,kuku manusia bila panjang yang panjang hanya bagian kukunya tapi bila kuku anjing sudah panjang pembuluh darah nya juga ikut memanjang.Apabila sudah kelamaan tidak dipotong dan sudah memanjang saat dipotong kemungkinan besar pasti akan berdarah dan hal tersebut sulit dihindari. Siapkan Sure Clot,Styptic Powder merk Biogroom untuk menghentikan pendarahan di kuku saat di potong. Satu-satunya cara adalah dengan mencegah pembuluh darah di kuku memanjang yaitu dengan secara rutinlah memotong kuku anjing anda. Biasakan lah rutinitas memotong kuku pada anjing anda karena akan membuat hidup dia dan hidup anda jauh lebih menyenangkan untuk tahun-tahun ke depan.

nails31
Langkah berikutnya mungkin agak berbeda untuk anjing berbulu panjang dan anjing berbulu pendek.Karena tingkat kesulitannya lebih tinggi pada anjing berbulu panjang maka saya akan menjelaskan proses untuk anjing berbulu panjang dahulu.

Step 3 (jenis Berbulu panjang)
Di tahap ini lah yang paling sering terjadi kesalahan oleh pemilik anjing berbulu panjang….jadi INGAT PRIORITAS – Sisir lah anjing anda sebelum anda memandikan nya !! Semua kusut dan gimbal pada bulu harus terurai sebelum ada setetes airpun menyentuh bulu anjing anda! Remember That !! Karena,apabila masih adanya kusut dan gimbal pada bulu anjing anda saat anda menyiram anjing anda dengan air malapetaka sudah tidak dapat dihindari lagi ! Karena kusut,gimbal ditambah dengan air menghasilkan Gimbal dan Kusut yang Lebih Besar yang akan sangat sulit di urai! Pada kasus yang parah kadang tidaka ada pilihan selain memcukur habis bulu anjing anda…alias dibotakin dan ini pasti bukanlah suatu pemandangan yang menyenangkan bagi anda yang sudah terbiasa melihat anjing anda yang dipenuhi bulu-bulu yang terurai panjang! Oleh karena itu tiada cara selain pencegahan …pencegahan dan pencegahan! Maka “INGATLAH SELALU” untuk menyisir anjing anda sebelum mandi …ok ?!!

Bila anda memutuskan mengunakan bak untuk memandikan anak anjing anda ,kusarankan untuk tidak langsung meletakkan anak anjing anda ke dalam air, agar tidak mengagetkannya. Cara yang lebih baik adalah, basahi anak anjing anda secara perlahan dengan menyiramkan dikit demi sedikit air ke tubuhnya. Setelah dia terlihat cukup nyaman dengan keadaan tubuhnya yang telah basah baru perlahan lahan masukkan anjing anda ke dalam bak mandi yang telah dipersiapkan.Dengan satu tangan tetap memegang anak anjing anda, tuangkan shampo secukupnya ke punggungnya dan gosokkan dengan kedua tangan anda, seperti memijat. Bila dia mulai menangis dan meraung raung, tenangkan anak anjing anda dengan mengajak berbicara dengan suara yang lembut untuk meyakinkannya. Anak anjing akan terbiasa dengan prosedur ini setelah beberapa kali di mandiin. Setelah dibilas berikan shampo untuk ke dua kalinya agar benar benar membersihkan semua minyak dan kotoran yang nempel di kulit dan bulu anjing anda. Jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih pada bagian-bagian yang cenderung lebih kotor, yaitu bagian muka,leher,pantat dan kaki-kakinya.

Step 4
Apabila ini adalah pengalaman mandi pertama bagi anak anjing anda, mungkin mempertimbangkan penggunaan air hangat akan lebih nyaman bagi anak anjing anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan handuk dan shampo dalam jangkaun anda, jangan ampe ada anak anjing basah kuyub berlari larian kesana- kemari menunggu anda mengambil handuk untuk mengeringkannya. Tak terbayangkan, pasti kacau deh !!

Step 5
Peras lah sisa air dari tubuh anak anjing anda sambil bercanda dengan nya, agar menghilangkan rasa takut dan was was nya terhadap acara mandi ini. Setelah dikeringkan dengan handuk anda bisa lanjut ke tahap pengeringan.

Step 6
Ada sebagian orang menyarankan untuk cukup menjemur anjing anda di bawah matahari sampai kering, tapi berdasarkan pengalaman anjing yang dikeringkan dibawah sinar matahari  sering meninggalkan bau tak sedap, bau apek setelah beberapa hari. Bila anda mengunakan shampoo yang beraroma, wanginya akan lebih tahan apabila anda mengeringkan bulu anak anjing anda dengan hair dryer. Waktu yang diperlukan untuk pengeringan dengan hair dryer tidak lama bila dibanding dengan hasil yang didapat.

Step 7
Ada beberapa pilihan jenis alat pengering yang dapat digunakan, yang paling mudah di dapat adalah pengering rambut orang. Apabila anda memutuskan untuk membeli sebuah hair dryer di toko perlengkapan salon, carilah hair dryer yang memiliki fungsi pengatur. Pengatur suhu, panas ato dingin dan pengatur tenaga anginnya.  Dryer tanpa  pengatur seringkali suhunya terlalu panas dan membakar kulit anak anjing bila terlalu didekatkan ke kulit.  Tapi bila anda memiliki beberapa ekor anjing mungkin  untuk mebeli pengering khusus hewan dengan tenaga yang lebih besar  akan menjadi sebuah investasi yang berguna pada jangka panjang.Mulaikah mengeringkan bulu anak anjing anda secara sistematis, misalnya kepala ke buntut ato sebaliknya. Keringkan sampai kering di satu lokasi tersebut sebelum melanjutkan ke lokasi yang selanjutnya.
Untuk yang berbulu panjang, seperti Maltese,Shihtzu,Pom dllnya siapkan sisir pin brush anda! Prinsip yang sama berlaku untuk cara pengeringan bulu pendek dan panjang, yaitu keringkanlah secarasistematis, misalnya kepala ke buntut ato sebaliknya. Keringkan sampai kering di satu lokasi tersebut sebelum melanjutkan ke lokasi yang selanjutnya.
Untuk yang berbulu panjang, seperti Maltese,Shihtzu,Pom dllnya siapkan sisir pin brush anda! Prinsip yang sama berlaku untuk cara pengeringan bulu pendek dan panjang, yaitu keringkanlah secara sistematis kepala ke buntut ato buntut ke kepala. Perbedaannya hanya menyisir  bulunya saat pengeringan (seperti di blow dry…kalo anda seorang cewek, pasti mengerti apa yang kumaksud! ) Proses pengeringan sambil di sisir juga berfaedah untuk menemukan sisa bulu-bulu  kusut yang mungkin terlewatkan saat sesi penyisiran pertama. Dan bila anda memilki anjing berbulu gelombang penyisiran saat pengeringan juga akan membantu meluruskan bulu-bulunya. Selesai lah sudah proses pengeringan, bila hasil masih kurang memuaskan jangan kuatir, latihan akan membuat anda lebih mahir!

Tapi apabila semua ini terasa terlalu merepotkan ato jadwal anda membuat anda tidak ada waktu untuk memandikan anak anjing anda mungkin tenaga grooming professional menjadi opsi terbaik untuk anda.

Comments are closed.